Sesungguhnya diantara tanda Allah
menghendaki kebaikan bagi hambaNya adalah Allah menjadikannya cinta
dengan ilmu. Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda :
مَنْ يُرِدِ اللهُ بِهِ خَيْرًا يُفَقِّهْهُ فِي الدِّيْنِ
"Barang siapa yang Allah kehendaki kebaikan baginya maka Allah akan menjadikannya faqih/faham tentang agama" (HR Al-Bukhari)
Dan
diantara keagungan agama ini Allah telah menjadikan adanya para imam
yang memikul ilmu agama, yang menjelaskan kepada umat tentang urusan
agama. Merekalah cahaya yang menerangi jalan menuju kebaikan…merekalah
yang sangat dibutuhkan oleh orang yang menghadapi kebingungan dalam
urusan agama mereka…, merekalah penyejuk hati bagi orang yang menghadapi
problematika kehidupan dan berusaha mencari solusi agamis…, merekalah
para pejuang yang memerangi jalan-jalan kesesatan yang selalu siap
menyimpangkan umat ini…, merekalah yang Allah perintahkan umat agar
bertanya kepada mereka dalam firmanNya :
فَاسْأَلُوا أَهْلَ الذِّكْرِ إِنْ كُنْتُمْ لا تَعْلَمُونَ
"Maka bertanyalah kepada orang yang mempunyai pengetahuan/ilmu jika kamu tidak mengetahui" (QS An-Nahl : 43)
Banyak para imam umat ini yang kita
banggakan, akan tetapi diantara mereka ada 4 imam yang tersohor, yaitu
para pendiri 4 madzhab. Mereka itu adalah Al-Imam Abu Hanifah, Al-Imam
Malik bin Anas, Al-Imam Asy-Syaf'i dan Al-Imam Ahmad bin Hanbal
rahimahumullah.
Meskipun ada madzhab-madzhab fikih yang lain akan
tetapi keempat madzhab inilah yang diterima secara luas dalam dunia
Islam hingga saat ini. Bahkan sebagian negeri dikenal dengan madzhab
tertentu. Madzhab Syafi'i banyak tersebar di negara-negara Asia
tenggara, madzhab Maliki banyak tersebar di negeri-negeri Afrika,
madzhab Hanafi banyak tersebar di India, Pakistan, Bangladesh, dan
Afghanistan, dan juga di China, adapun madzhab Hanbali banyak tersebar
di negeri-negeri Arab, khususnya Arab Saudi.
Diantara
keempat imam tersebut yang sangat cemerlang adalah Al-Imam Asy-Syafi'i
rahimahullah, beliaulah pendiri dan pemrakasa madzhab Syafi'i yang
merupakan madzhab yang banyak dianut di bumi pertiwi nusantara ini.
Nama lengkap beliau adalah Muhammad bin Idris
bin Al-'Abbas bin 'Utsman bin Syaafi' bin As-Saaib bin 'Ubaid bin 'Abd
Yaziid bin Haasyim bin Al-Muthollib bin 'Abdi Manaaf, sehingga nasab
beliau bermuara kepada Abdu Manaaf kakek buyut Nabi shallallahu 'alaihi
wa sallam. Al-Muthollib adalah saudaranya Hasyim ayahnya Abdul Muthholib
kakek Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam. Dan kepada Syafi' bin
As-Saaib penisbatan Al-Imam Asy-Syafi'i rahimahullah (lihat Siyar A'laam
An-Nubalaa 10/5-6 dan Tobaqoot Asy-Syaafi'iyah Al-Kubro 2/71-72)
Meskipun
nenek moyang beliau suku Quraisy di Mekah akan tetapi beliau tidak
lahir di Mekah, karena ayah beliau Idris merantau di Palestina. Sehingga
beliau dilahirkan di Ghozza (Palestina) dan ada yang mengatakan bahwa
beliau lahir di 'Asqolan pada tahun 150 Hijriah, tahun dimana wafatnya
Al-Imam Abu Hanifah An-Nu'man bin Tsaabit Al-Kuufi rahimahullah, bahkan
ada pendapat yang menyatakan di hari wafatnya Al-Imam Abu Hanifah.
Ayah
beliau Idris meninggal dalam keadaan masih muda, hingga akhirnya Imam
Asy-Syafi'i dipelihara oleh ibunya dalam kondisi yatim. Karena khawatir
terhadap anaknya maka sang ibu membawa beliau –yang masih berumur 2
tahun- ke kampung halaman aslinya yaitu Mekah, sehingga beliau tumbuh
berkembang di Mekah dalam kondisi yatim. Beliau menghafal Al-Qur'an
tatkala berusia 7 tahun, dan menghafal kitab Al-Muwattho' karya Imam
Malik tatkala umur beliau 10 tahun. Ini menunjukkan betapa cerdasnya
Al-Imam Asy-Syafi'i.
Beliaupun belajar dari para ulama Mekah,
diantaranya Muslim bin Kholid Az-Zanji Al-Makky yang telah memberi
ijazah kepada Al-Imam Asy-Syafi'i untuk boleh berfatwa padahal umur
beliau masih 15 tahun. Lalu setelah itu beliau bersafar ke Madinah dan
berguru bertahun-tahun kepada Al-Imam Malik bin Anas rahimahullah.
Pada
tahun 195 H beliau pergi ke Baghdad, dan beliau mengajar di sana
sehingga banyak ulama yang berputar haluan dari madzhab ahli ro'yu
menuju madzhab Syafi'i. di Baghdad beliau banyak menulis buku-buku lama
beliau, setelah itu beliaupun kembali ke Mekah. Pada tahun 198 beliau
kembali lagi ke Baghdad dan menetap di sana selama sebulan lalu beliau
pergi ke Mesir dan menetap di sana meneruskan dakwah beliau hingga
akhirnya beliau sakit bawasir yang menyebabkan beliau meninggal dunia
pada tahu 204 Hijriyah, rahimahullah rahmatan waasi'ah.
Imam Syafi'i adalah seorang sosok yang memiliki banyak keistimewaan, diantaranya :
PERTAMA
: Al-Imam Asy-Syafi'i adalah imam dalam lugoh (bahasa). Beliau telah
banyak tinggal bersama Qobilah Hudzal dan menghafalkan banyak qoshidah
(bait-bait sya'ir) mereka, sehingga hal ini sangat mempengaruhi kekuatan
bahasa Arab beliau. Karenanya tidak pernah ditemukan kesalahan bahasa
dari beliau sebagaimana ditemukan dari para ulama yang lain. Ibnu
Hisyaam (penulis siroh Nabi) berkata الشَّافِعِيُّ حُجَّةٌ فِي
اللُّغَةِ "Asy-Syafi'i hujjah dalam bahasa Arab" (Al-Waafi bil
Wafaayaat 19/143).
Adapun kritikan terhadap Al-Imam Asy-Syafi'i
dalam masalah bahasa maka tidak mematahkan keimaman beliau dalam bahasa
Arab. Diantara kritikan tersebut :
- Beliau dikritik
karena menyatakan bahwa huruf jar baa' (الباء) memberikan faedah
التَّبْعِيْض "sebagian/parsial". Karenanya beliau menyatakan bolehnya
mengusap sebagian kepala tatkala berwudu karena Allah berfirman
(وَامْسَحُوا بِـرُؤُوْسِكُمْ). Maka beliaupun diingkari oleh sebagian
ulama, mereka menyatakan bahwa huruf baa' tidak mengandung makna
"parsial", dan ini tidak dikenal dalam bahasa Arab, dan tidak ada ahli
bahasa yang menyebutkan bahwa diantara makna-makna yang dikandung huruf
baa' adalah untuk parsial. Akan tetapi kenyataannya ternyata banyak ahli
bahasa yang menetapkan makna ini (huruf baa' memberi makna faedah
parsial) diantaranya adalah Al-Ashma'i dan ulama Kufiyiin (lihat Al-Bahr
Al-Muhiith fi Ushuul Al-Fiqh li Az-Zarkasyi 2/15-16).
Ternyata
juga setelah diamati ada bukti yang tegas bahwasanya Al-Imam Asy-Syafi'i
menyatakan bahwa huruf baa' memberi faedah "parsial". Dan penisbatan
hal ini kepada Al-Imam Asy-Syafi'i merupakan kekeliruan sebagaimana
dijelaskan oleh Az-Zarkasy (Al-Bahrul Al-Muhiith (2/15). Bahkan jika
kita kembali kepada kitab Al-Umm kita akan dapati bahwasanya Asy-Syafi'i
berkata :
وَدَلَّتْ السُّنَّةُ على أَنْ ليس على الْمَرْءِ مَسْحُ
الرَّأْسِ كُلِّهِ وإذا دَلَّتْ السُّنَّةُ على ذلك فَمَعْنَى الْآيَةِ
أَنَّ مَن مَسَحَ شيئا من رَأْسِهِ أَجْزَأَهُ
"Sunnah menunjukkan
bahwasanya tidak wajib bagi seseorang untuk mengusap seluruh kepalanya,
dan jika sunnah telah menunjukkan demikian maka makna ayat adalah barang
siapa yang mengusap sesuatupun dari kepalanya maka sudah cukup/sah)
(lihat Al-Umm 1/26)
Yang dimaksud dengan sunnah oleh Al-Imam
Asy-Syafi'i di sini adalah hadits tentang Nabi yang berwudu dengan
mengusap ubun-ubun beliau saja tatkala beliau memakai sorban.
- Beliau dikritik karena menafsirkan kata "الْعَوْلُ" dalam firman Allah
ذَلِكَ أَدْنَى أَلا تَعُولُوا (٣)
"Yang demikian itu adalah lebih dekat kepada tidak berbuat aniaya" (QS An-Nisaa :3).
Beliau tafsirkan dengan "كَثْرَةُ الْعِيَالِ" (banyaknya anak).
Tafsiran
Asy-Syafi'i ini diingkari dengan keras oleh Ibnul 'Arobi yang
bermadzhab Maliki, dan menyatakan bahwa tidak ada ahli bahasa yang
berpendapat dengan pendapat Asy-Syafi'i (lihat Ahkaamul Qur'an li Ibnil
'Arobi 1/411). Akan tetapi perkataan Ibnul 'Arobi ini telah dibantah
oleh para ulama. Makna tersebut ternyata telah disebutkan oleh Al-Kisaai
dan Al-Farroo' (lihat Al-Haawi fi Fiqh Asy-Syaafi'i 11/415 dan
Al-Majmuu' Syarh Al-Muhadzab 16/125). Bahkan Al-Qurthubi yang juga
bermadzhab Malikiyah telah membantah perkataan Ibnul 'Arobi dengan
menjelaskan bahwa tafsiran Asy-Syafi'i bukanlah tafsiran yang baru,
telah mendahului beliau dua imam besar yaitu Zaid bin Aslam dan Jaabir
bin Zaid (lihat Tafsiir Al-Qurthubi 5/21-22)
KEDUA : Sya'ir-sya'ir beliau yang istimewa
Al-Imam
Asy-Syafi'i tidak banyak menulis sya'ir-sya'ir, akan tetapi
sya'ir-sya'ir beliau sederhana mudah dipahami dan mengandung makna yang
sangat dalam. Meskipun ada sya'ir-sya'ir para ulama bahasa yang lain
yang lebih nampak ketinggian bahasanya dalam sya'ir-sya'ir mereka akan
tetapi ternyata kesohoran sya'ir-sya'ir Asy-Syafi'i lebih besar karena
kandungan makna yang dalam dengan penggunaan kata-kata yang sederhana.
Diantara sya'ir-sya'ir beliau ;
أمَتُّ مَطَامِعي فأرحْتُ نَفْسي ** فإنَّ النَّفسَ ما طَمعَتْ تهونُ
Aku bunuh sifat tamak yang ada pada diriku, maka akupun menenangkan diriku
Karena jiwa kapan ia tamak maka rendahlah jiwa tersebut
وَأَحْيَيْتُ القُنُوع وَكَانَ مَيْتاً ** ففي إحيائهِ عرضٌ مصونُ
Dan aku hidupkan sifat qona'ah pada diriku yang tadinya telah mati….
Maka dengan mengidupkannya harga dirikupun terjaga…
إذا طمعٌ يحلُ بقلبِ عبدٍ ** عَلَتْهُ مَهَانَةٌ وَعَلاَهُ هُونُ
Jika sifat tamak telah menetap di hati seorang hamba….maka ia akan didominasi oleh kehinaan dan dikuasai kerendahan
Beliau berkata :
نَعِيبُ زمانَنا والعيبُ فِيْنا *** وَما لِزَمانِنا عَيْبٌ سِوانا
"Kita mencela zaman kita, padahal celaan itu ada pada diri kita sendiri...
Dan zaman kita tidaklah memiliki aib/celaan kecuali kita sendiri"
Beliau berkata :
لَمَّا عَفَوْتُ وَلَمْ أحْقِدْ عَلَى أحَدٍ ** أَرَحْتُ نَفْسِي مِنْ هَمَّ الْعَدَاوَاتِ
Tatkala aku memaafkan maka akupun tidak membenci seorangpun…
Akupun merilekskan diriku dari kesedihan dan kegelisahan (yang timbul akibat) permusuhan
إنِّي أُحَيِّي عَدُوِّي عنْدَ رُؤْيَتِهِ ** لِأَدْفَعَ الشَّرَّ عَنِّي بِالتَّحِيَّاتِ
Aku memberi salam kepada musuhku tatkala bertemu dengannya…untuk menolak keburukan dariku dengan memberi salam
وأُظْهِرُ الْبِشْرَ لِلإِنْسَانِ أُبْغِضهُ ** كَمَا إنْ قدْ حَشَى قَلْبي مَحَبَّاتِ
Aku menampakkan senyum kepada orang yang aku benci… sebagaimana jika hatiku telah dipenuhi dengan kecintaan
النَّاسُ داءٌ وَدَاءُ النَّاسِ قُرْبُهُمُ ** وَفِي اعْتِزَالِهِمُ قَطْعُ الْمَوَدَّاتِ
Orang-orang
adalah penyakit, dan obat mereka adalah dengan mendekati mereka… dan
sikap menjauhi mereka adalah memutuskan tali cinta kasih
Beliau berkata :
بقَدْرِ الكدِّ تُكتَسَبُ المَعَــالي ....ومَنْ طَلبَ العُلا سَهِـرَ اللّيالي
Ketinggian diraih berdasarkan ukuran kerja keras…
Barang siapa yang ingin meraih puncak maka dia akan begadang
ومَنْ رامَ العُلى مِن ْغَيرِ كَـدٍّ .....أضَاعَ العُمرَ في طَـلَبِ المُحَالِ
Barang siapa yang mengharapkan ketinggian/kemuliaan tanpa rasa letih…
Maka sesungguhnya ia hanya menghabiskan usianya untuk meraih sesuatu yang mustahil…
تَرُومُ العِزَّ ثم تَنامُ لَيـلاً .....يَغُوصُ البَحْرَ مَن طَلَبَ اللآلي
Engkau mengharapkan kejayaan lantas di malam hari hanya tidur aja??
Orang yang yang mencari mutiara harus menyelam di lautan…
Beliau berkata :
إِذَا أَصْبَحْتُ عِنْدِي قُوْتُ يَوْمٍ ... فَخَلِّ الْهَمَّ عَنِّي يَا سَعِيْدُ
Jika di pagi hari dan aku telah memiliki makanan untuk hari ini…
Maka hilangkanlah kegelisahan dariku wahai yang berbahagia
وَلاَ هُتَخْطُرْ مُوْمُ غَدٍ بِبَالِي ... فَإِنَّ غَدًا لَهُ رِزْقٌ جَدِيْدُ
Dan tidaklah keresahan esok hari terbetik di benakku….
Karena sesungguhnya esok hari ada rizki baru yang lain
أُسَلِّمُ إِنْ أَرَادَ اللهُ أَمْراً ... فَأَتْرُكُ مَا أُرِيْدُ لِمَا يُرِيْدُ
Aku pasrah jika Allah menghendaki suatu perkara…
Maka aku biarkan kehendakku menuju kehendakNya
KETIGA : Tegar Di Atas Sunnah dan Memerangi Bid'ah
Al-Imam
Asy-Syafi'i digelari dengan نَاصِرُ الْحَدِيْثِ "Penolong hadits-hadits
Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam". Pengagungan beliau terhadap
sunnah-sunnah Nabi sangatlah nampak. Karenanya beliau sering berdebat
dengan ahlul bid'ah dan mematahkan hujjah-hujjah mereka. Demikian juga
di Baghdad adanya sikap mendahulukan ro'yu (pendapat) dari pada
sunnah-sunnah Nabi, sehingga sunnah-sunnah Nabi ditolak dengan berbagai
metode. Al-Imam Asy-Syafi'i datang dan membantah dan mematahkan
pemikiran yang menyimpang tersebut. Akan datang penjelasan yang lebih
dalam tentang bantahan Al-Imam Asy-Syafi'i terhadap ahlul bid'ah.
KEEMPAT : Kharismatik Al-Imam Asy-Syafi'i
Al-Imam
Asy-Syafi'i rahimahullah memiliki kharismatik dan daya tarik yang luar
biasa, hingga ulama-ulama besar yang ada di Baghdad tertarik dengan
beliau dan belajar kepada beliau. Seperti Al-Imam Ahmad bin Hanbal dan
Abu Tsaur yang masing-masing ternyata memiliki madzhab tersendiri, akan
tetapi mereka belajar kepada Al-Imam Asy-Syafi'i dan sangat mencintai
dan mengagungkan Al-Imam Asy-Syafi'i. Abu Tsaur pernah ditanya :
"Manakah
yang lebih faqih, Asy-Syafi'i ataukah Muhammad bin Al-Hasan?". Dan
Muhammad bin Al-Hasan adalah guru Al-Imam Asy-Syafi'i, beliau menimba
ilmu darinya tatkala beliau menetap di Baghdad.
Akan tetapi apa jawaban Abu Tsaur??. Beliau berkata :
الشافعي أفقه من محمد، وأبي يوسف، وأبي حنيفة، وحماد، وإبراهيم، وعلقمة، والأسود
"Asy-Syafi'i
lebih faqih dari pada Muhammad bin Al-Hasan dan juga Abu Yusuf
(Muhamamad bin Al-Hasan dan Abu Yusuf adalah murid senior Abu
Hanifah-pen), dan lebih faqih dari Abu Hanifah, dan juga lebih faqih
dari Hammad (gurunya Abu Hanifah-pen), dan lebih faqih dari Ibrahim
(gurunya Hammad-pen), dan lebih faqih daripada 'Alqomah (gurunya
Ibrahim-pen), dan lebih faqih daripada Al-Aswad (gurunya 'Alqomah)"
(Mukhtashor Taarikh Dimasyq 6/434)
Padahal Abu Tsaur dahulunya
mengikuti madzhab Ahlu Ro'yi di Baghdad sebelum datangnya Al-Imam
Asy-Syafi'i. Jawaban Abu Tsaur ini menunjukkan kecintaan yang sangat
dalam kepada Al-Imam Asy-Syafi'i rahimahullah.
Lihatlah bagaimana cintanya Al-Imam Ahmad kepada gurunya Asy-Syafi'i, sehingga beliau pernah berkata :
سِتَّةٌ أَدْعُوا لَهُمْ سَحراً، أَحَدُهُمْ الشَّافِعِيُّ
"Enam
orang yang aku mendoaakan mereka di waktu sahur (sebelum subuh), salah
satunya adalah Asy-Syafi'i" (Taariikh Al-Islaam li Adz-Dzhabi 14/312)
Al-Imam Ahmad bin Hanbal terlalu sering mendoakan Asy-Syafi'i, sampai-sampai anak beliau Abdullah bertanya kepada beliau :
يَا أَبَةِ، أَيُّ رَجُلٍ كَانَ الشَّافِعِيُّ فَإِنِّي سَمِعْتُكَ تُكْثِرُ مِنَ الدُّعَاءِ لَهُ
"Wahai ayahanda, siapakah Asy-Syafi'i itu, aku mendengarmu banyak mendoakannya?".
Al-Imam Ahmad menjawab :
يَا بُنَيَّ، كَانَ الشَّافِعِيُّ كَالشَّمْسِ لِلدُّنْيَا، وَكَالْعَافِيَةِ لِلنَّاسِ، فَهَل لِهَذَيْنِ مِنْ خَلَفٍ؟
"Wahai
putraku, Asy-Syafi'i seperti matahari bagi dunia, seperti keselamatan
bagi manusia, maka apakah ada pengganti bagi kedua kenikamatan ini?"
(Taarikh Al-Islaam 14/312)
Karena ilmu dan dakwah
Al-Imam Asy-Syafi'i diterima oleh masyarakat dan para ulama secara luas
maka munculah orang-orang yang tidak suka kepada beliau. Diantara mereka
adalah salah seorang ulama bermadzhab Maliki yang bernama Asyhub.
Tatkala Al-Imam Asy-Syafi'i datang ke Mesir beliau tidak bertemu dengan
murid-murid Imam Malik kecuali dua orang yaitu Muhammad bin Abdillah bin
Abdil Hakim dan Asyhub.
Muhammad bin Abdillah bin Abdil Hakim berkata :
سَمِعْتُ أَشْهُبَ فِي سُجُوْدِهِ يَدْعُو عَلَى الشَّافِعِي بِالْمَوْتِ فَذَكَرْتُ ذَلِكَ لِلشَّافِعِي
"Aku
mendengar Asyhub dalam sujudnya mendoakan agar Asy-Syafi'i meninggal.
Maka akupun menyebutkan hal tersebut kepada Asy-Syafi'i"
Dalam riwayat yang lain Asyhub berdoa :
اللَّهُمَّ أَمِتِ الشَّافِعِيَّ فَإِنَّكَ إِنْ أَبْقَيْتَهُ اِنْدَرَسَ مَذْهَبُ مَالِكٍ
"Ya Allah matikanlah Asy-Syafi'i, karena kalau Engkau membiarkannya hidup maka akan punah madzhab Imam Malik"
Maka Al-Imam Asy-Syafi'i heran dengan hal ini, lalu ia berkata dengan menyebut sya'ir :
تَمَنَّى رِجَالٌ أَنْ أَمُوْتَ وَإِنْ أَمُتْ فَتِلْكَ سَبِيْلٌ لَسْتُ فِيْهَا بَأَوْحَدِ
Beberapa lelaki berangan-angan kematianku, dan jika akupun mati….
Maka (kematian) itu adalah jalan yang tidak ditempuh oleh aku sendirian…
فَقُلْ لِلَّذِي يَبْغِي خِلاَفَ الَّذِي مَضَى تَزَوَّدْ لِأُخْرَى مِثْلِهَا فَكَأَنْ قَدِ
Maka katakanlah kepada orang yang menginginkan berbedanya apa yang telah berlalu…
Hendaknya engkau berbekal untuk menghadapi kematian yang semisalnya maka seakan-akan ia telah datang…
Maka
setelah itu Al-Imam Asy-Syafi'i pun meninggal, dan tidak lama kemudian
sekita 18 hari atau sebulan Asyhub pun meninggal dunia.
(lihat : Taarikh Dimasyq 51/428, Siyar A'laam An-Nubalaa 10/72, Al-Waafi bil Wafayaat 9/165)
KELIMA : Inovasi Spektakuler
Diantara keistimewaan Al-Imam Asy-Syafi'i rahimahullah beliau telah
menyusun sebuah kitab istimewa yang berjudul Ar-Risaalah, yang kitab ini
merupakan kitab pertama yang ditulis tentang kaidah-kaidah ushul fiqh.
Beliau menulis buku tersebut atas permintaan Abdurrahman bin Mahdi
rahimahullah. Beliau menulis surat kepada Asy-Syafi'i –dan tatkala itu
Asy-Syafi'i masih muda belia- agar Asy-Syafi'i membuat sebuah buku yang
mencakup makna-makna Al-Qur'an dan mencakup ilmu-ilmu hadits, hujjahnya
ijmak, serta nasihk dan mansukh dari Al-Qur'an dan hadits. Maka Al-Imam
Asy-Syafi'i lalu menyusun kitab Ar-Risaalah. Maka Abdurrahman bin Mahdi
berkata :
مَا أُصَلِّي صَلاَةً إِلاَّ وَأَنَا أَدْعُو لِلشَّافِعِي فِيْهَا
"Tidaklah aku sholat kecuali aku mendoakan Asy-Syafi'i dalam sholatku tersebut" (Tariikh Baghdaad 2/64-65)
Demikian
pula halnya dengan kitab Al-Umm yang disusun oleh Al-Imam Asy-Syafi'i
sebagai kitab fikih yang disusun dengan penyusunan bab-bab fikih yang
luar biasa, sehingga memudahkan para murid beliau untuk belajar dengan
baik. Dengan demikian Al-Imam Asy-Syafi'i telah menyusun kitab tentang
ushul fikih dan juga menyusun kitab tentang penerapan ushul fikih
tersebut dalam kitab fikih beliau yaitu Al-Umm.
Diantara
keistimewaan beliau juga adalah beliau telah belajar dari dua madrosah,
madrosah Hadits (yang dalam hal ini diwakili oleh Imam Malik yang
merupakan guru beliau) dan madrosah Ar-Ro'yu (yang dalam hal ini
diwakili oleh Muhammad bin Al-Hasan Asy-Syaibaani yang juga merupakan
guru beliau). Maka Al-Imam Asy-Syafi'i menggabungkan kebaikan dari dua
madrosah ini sehingga jadilah madzhab beliau madzhab yang kokoh.
Kota Nabi -shallallahu 'alaihi wa sallam-, 30-10-1434 H / 06 September 2013 M
Abu Abdil Muhsin Firanda
www.firanda.com